Ancaman Banjir Rob di Sulawesi Selatan, BMKG: Tiga Kabupaten Berpotensi

 Ancaman Banjir Rob di Sulawesi Selatan, BMKG: Tiga Kabupaten Berpotensi

Ilustrasi


Ancaman Banjir Rob di Sulawesi Selatan, BMKG: Tiga Kabupaten Berpotensi

Tiga kabupaten di Sulawesi Selatan berpotensi mengalami banjir rob. Ketiga kabupaten tersebut yakni Kabupaten Barru, Kota Parepare, dan pesisir Kabupaten Pinrang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar dalam rilisnya telah mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir (banjir rob) di tiga kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan tersebut.

Peringatan Dini ini terhitung mulai 5 Desember hingga 7 Desember,” kata Prakirawan BMKG Makassar, Herbuana Yoga Wardhani.



Adapun penyebab banjir rob, díjelaskan Herbuana adalah adanya aktivitas pasang air laut maksimum dan kondisi gelombang tinggi yang dapat mempengaruhi kondisi dínamika wilayah pesisir di Sulawesi Selatan.

“Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat sekitar pelabuhan dan pesisir,” kata Herbuana.

Sekedar díketahui, díkutip dari kanal kebencanaan Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), banjir rob adalah pola fluktuasi muka air laut yang dípengaruhi oleh gaya tarik benda-benda angkasa, terutama oleh bulan dan matahari terhadap massa air laut di bumi.

Adapun dampak yang akibat banjir rob bisa meliputi berbagai aspek kehidupan seperti mengubah fisik lingkungan, penurunan kualitas lingkungan, dan kerugian ekonomi.

Banjir rob juga bisa menyebabkan terganggunya lalu lintas di beberapa titik yang tergenang air bahkan kerusakan jalan.

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak