Dalam Rangka HJL & HPRL, Walikota Palopo Buka Pasar Rakyat Selama 5 Hari

Banner

PALOPO,SPIRITKITA – Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH, menghadiri Pembukaan Pasar Rakyat dan Malam Pentas Seni.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Luwu Ke 755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu Ke 77 Kota Palopo Tahun 2023.

Pembukaan Pasar Rakyat dan Malam Pentas Seni yang di tandai dengan Pemukulan Gong oleh Walikota Palopo Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH tersebut di laksanakan di Lapangan Pancasila Palopo, Minggu (15/1/2023).

Laporan Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. H. Firmanza menyampaika tujuan kegiatan pasar rakyat untuk memeriahkan peringatan hari jadi Luwu ke 755 dan Perlawanan rakyat Luwu ke 77.

Selain itu untuk memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan memperkenalkan produk lokal Palopo dan Tana Luwu.

Di mana mempunyai daya saing serta kualitas ekspor baik nasional maupun internasional.

Adapun total peserta di lapangan sebanyak 330 peserta dan di harapkan akan terus bertambah selama Pelaksanaan Pasar Rakyat ini.

Serta, peserta pentas seni sebanyak 30 kelompok dan juga akan di isi oleh qasidah rebana perwakilan dari 9 kecamatan.

Rangkaian kegiatan lainnya yaitu lomba permainan tradisional yang di laksanakan di lapangan pancasila dari tanggal 19-20 Januari 2023.

Kemudian, karnaval tingkat TK, SD, SMP dan SMU di laksanakan tanggal 21 Januari 2023 star dari lapangan gaspa finish di Masjid Agung Palopo.

Lalu kejuaraan bulu tangkis yang di laksanakan oleh ORARI tanggal 18-22 Januari 2023 di GOR dan lomba maraton 10 KM tanggal 22 Januari 2023 start dari istana Datu Luwu finish di lapangan Pancasila.

Untuk eksebisi sepak bola antar pemerintah daerah se-Tana Luwu di laksanakan tanggal 22 Januari bertempat di stadion Lagaligo.

Hingga Puncak Peringatan hari jadi Luwu di laksanakan 23 Januari 2023 di Lapangan Pancasila.

Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH dalam sambutannya menyampaikan Masyarakat tana Luwu selalu bertekad untuk menjaga kelestarian budaya.

“Kita di tana Luwu dan sebagai Pemerintah menyampaikan terimakasih atas perhatian yang seperti ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu pula Walikota Palopo secara resmi mengumumkan bahwa lapangan Pancasila secara resmi di buka kembali untuk di tempati setiap malam.

Dan Walikota menegaskan agar lapangan Pancasila jangan di kotori kita harus pelihara dan menjaga kebersihan lapangan.

Kenapa baru malam ini di buka secara umum karena kita tidak ingin mendahului aturan pemerintah yang tertinggi karena baru-baru ini Presiden Republik Indonesia memberikan isyarat kegiatan yang di laksanakan sebelum Covid-19 dapat di laksanakan kembali.

Walikota juga sampaikan terimakasih kepada masyarakat yang memperlihatkan sikap baiknya yang selalu bekerjasama dengan pemerintah karena kemarin Kota Palopo nomor satu Se sulsel dalam pencapaian vaksinasi.

“Semoga ini tetap terjalin lebih mempererat persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Turut di hadiri Wakil Ketua DPRD Kota Palopo, Unsur Forkopimda Kota Palopo, Ketua TP PKK Kota Palopo dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes, Ketua DWP Kota Palopo Isnada Firmanza, Ketua Bhayangkari Kota Palopo, Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo serta Para Camat dan Lurah Kota Palopo. (NT)

Banner
Admin
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *