Launcing Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan (SIDUPPA)

 Launcing Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan (SIDUPPA)

PALOPO, SPIRITKITA – Sekda Kota Palopo, Drs. Firmanza DP.SH.M.Si, mewakili Wali Kota melaunching Aplikasi Pengelola Satu Data “Kolaborasi Data & Informasi Urusan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan (SIDUPPA), di Ruang Ratona Kantor Wali Kota, Selasa 27 September 2022.

Aplikasi SIDUPPA di buat dalam rangka untuk mendorong peningkatan kinerja di bidang perencanaan pembangunan daerah, khususnya guna mendukung kemudahan dalam penggunaan aplikasi SIPD & aplikasi KRISNA-DAK, melalui proyek perubahan latpim II Kepala Bappeda Kota Palopo, Hj. Raodatul Jannah, S.Sos., MM, membuat inovasi aplikasi “SIDUPPA” yang bertujuan untuk memudahkan bagi perangkat daerah, dalam penyediaan data dan informasi statistik sektoral pada urusan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kota Palopo serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap kapabilitas pemerintah Kota Palopo.

Siduppa dalam bahasa kita artinya mempertemukan data, dengan adanya aturan dari Presiden RI, tentang satu data di Indonesia, tentang laporan dan evaluasi pemerintahan daerah, dan tersingkronisasi dengan semua aturan pemerintah daerah seperti visi misi Pemerintah Kota Palopo, yaitu modernisasi pelayanan inovasi publik, lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu menjadi sangat penting dalam pengelolaan data, dengan tiga konsep, yakni ketersediaan data, keteraksesan, dan pemutakhiran data,” Jelas ibu Kepala Bappeda Kota Palopo Hj. Raodatul Jannah, S.Sos., MM.

Sekda Kota Palopo, Drs. Firmanza DP.SH.M.Si, mengemukakan, bahwa ketersediaan data yang di peroleh dari perangkat daerah terkait, dalam pelaksanaannya, data tidak hanya tersedia di BPS, melainkan juga data sektoral yang bersumber dari perangkat daerah, seperti misi ke tiga Pemkot Palopo, maka hadir inovasi dengan adanya Aplikasi SIDUPPA, di buat dalam rangka untuk mendorong peningkatan kinerja di bidang perencanaan pembangunan daerah.



Sementara itu terkait inovasi dari Kepala Dinas Pertanian, Muh. Ibnu Hasyim, S.STP , Saya berharap inovasi ini, dapat di terapkan di lingkungan terkecil di lingkungan rumah masing-masing, dan inovasi dari Kepala Dinas Pertanian ini juga patut kita apresiasi, kita tahu bahwa Palopo ini sebuah daerah perkotaan, tetapi masih banyak juga yang hidupnya bertani, oleh karena itu dengan adanya inovasi ini, kita berharap lahan dapat di manfaatkan sedemikian rupa, sehingga lahan terbatas, tidak terlalu luas, bisa di manfaatkan secara maksimal.” ujarannya.

Inovasi yang di luncurkan hari ini, adalah hasil kompetensi yang di bangun pada Di klatpim Tingkat II, di bawah bimbingan Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Aparatur Nasional dan Manajerial ASN, LAN, adalah kompetensi kepemimpinan strategi yaitu kemampuan menetapkan kebijakan instansinya dan implementasi implementasi strategi kebijakan yang di implementasikan.

Turut hadir perwakilan dari BPS Kota Palopo, dan Kepala OPD Lingkup Pemkot Palopo, dan tamu undangan lainnya.(Nrl)