PT Masmindo Dwi Area Gelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Bank Sampah Tahap II di Palopo

Banner

PALOPO,SPIRITKITA — PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) mengadakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Bank Sampah Tahap II pada 30-31 Januari 2024 lalu di Desa Senga Selatan, Kota Palopo. Kegiatan ini melibatkan sejumlah pihak setempat, termasuk BUMDES Senga Selatan, Karang Taruna Senga Selatan, Lembaga Konservasi Mangrove Indonesia (LKMI), dan Tim Penggerak PKK Desa Senga Selatan. Rapat di hadiri oleh sekitar 60 peserta dan berlangsung di Aula Kantor Desa Senga Selatan pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Bappeda Luwu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu, serta manajemen dan staf departemen Pemberdayaan Masyarakat Masmindo. Pelatihan ini merupakan langkah awal dalam pembangunan Bank Sampah di Desa Senga Selatan.

Kepala Desa Senga Selatan, Ahmad Arfah, menyatakan apresiasi atas perhatian Masmindo terhadap pengelolaan Bank Sampah di desanya. “Kegiatan ini menjadi awal yang baik bagi kita semua untuk lebih meningkatkan perhatian terhadap lingkungan, khususnya dalam penanganan sampah,” ujarnya.

Haerul Nangngareng, CDE Superintendent Masmindo, menyampaikan bahwa masalah sampah menjadi perhatian global, dan pelatihan ini di harapkan dapat membantu mengelola sampah dengan baik untuk mengurangi masalah lingkungan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Kabid Bappeda Luwu, Aliyah, menekankan pentingnya kolaborasi dalam penanganan sampah, sementara Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu, Supriadi M.M, mendukung agenda kegiatan ini.

Direktur Yayasan Bumi Sawerigading (YBS), Abdullah Malik ST, menyatakan kesiapan YBS untuk mendampingi proses pembentukan Bank Sampah Terpadu di Desa Senga Selatan.

Pelatihan ini merupakan tahap kedua dalam penguatan sumber daya manusia dan penyadaran masyarakat terhadap kepedulian lingkungan. Pelatihan sebelumnya berlangsung pada Desember 2023, di ikuti oleh studi banding peserta ke Bank Sampah Palopo. Tahap kedua ini akan diikuti dengan proses konstruksi Bank Sampah Terpadu di Desa Senga Selatan secara partisipatif.(*)

Banner
fsuryaa
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *