Vaksin Covid-19 Berbayar, Tarifnya Rp321 Ribu Per Dosis

 Vaksin Covid-19 Berbayar, Tarifnya Rp321 Ribu Per Dosis

Vaksin Covid-19 Berbayar, Tarifnya Rp321 Ribu Per Dosis

Vaksin gotong royong untuk individu mulai “díperdagangkan” oleh PT Kimia Farma Tbk mulai Senin, 12 Juli 2021.

Selanjutnya, Direktur Utama Kimia Farma Diagnostik Agus Chandra mengatakan, program Vaksin Covid-19 Berbayar tidak mengganggu vaksinasi program pemerintah.

Agus Chandra menyebut, vaksin yang akan dígunakan adalah vaksin Sinopharm. Sementara oleh Pemerintah adalah Sinovac dan Astra Zeneca.



Untuk harga pembelian vaksin, Kimia Farma menetapkan sebesar Rp 321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis.

Meski demikian, Agus menampik perdagangan vaksin ini. Díkatakan Agus, vaksinasi gotong royong untuk individu ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 19 Tahun 2021 tentang perubahan atas Permenkes No. 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

“Sehingga kami tidak memanfaatkan program Vaksin Gotong Royong Individu untuk tujuan komersial, tetapi upaya kami untuk mendukung Pemerintah mempercepat proses vaksinasi,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Perusahaan PT Kimia Farma Tbk, Ganti Winarno, mengataan tujuan perseroan menggelar vaksinasi adalah untuk mendukung percepatan dan perluasan vaksinasi gotong royong, bukan untuk komersialisasi.

Walikota Palopo Pantau Vaksinasi dan Tes Rapid Antigen di Terminal Dangerakko

“Pada prinsipnya kami mendukung. Tidak ada komersialisasi atau sebagainya. Semuanya sudah terbuka, dari sisi komponen harga dan sebagainya. Sudah dílakukan review oleh lembaga independen,” ujar Ganti dalam konferensi pers, Ahad, 11 Juli 2021.(red)

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak