Tiga Kecamatan di Makassar Status PSBK, Walikota Ungkap Akan Koordinasi dengan Kodim dan Polres

Tiga Kecamatan di Makassar Status PSBK, Walikota Ungkap Akan Koordinasi dengan Kodim dan Polres

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan melakukan isolasi beberapa perumahan untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona (COVID-19).

Melalui video conference, Iqbal mengatakan, Pasien PDP tingkat I akan ditempatkan di shelter khusus untuk mencegah penyebaran.

Update data Sebaran Virus Corona di Sulawesi Selatan

“Daerah yang tingkat penyebaran sangat besar antara lain di Kecamatan Ujung Pandang, Tamalate, dan Rappocini, termasuk Panakkukang. Wilayah ini akan diterapkan secara ketat PSBK,” kata Iqbal.

Iqbal juga mengungkapkan, beberapa pemukiman sudah diminta untuk diisolasi dan tidak melakukan lagi kontak fisik dan penerimaan tamu di luar warga yang bermukim.

Saat melakukan rapat dengan Forkopimda Sulsel, Iqbal menyebut Makassar masih akan berfokus melaksanakan pembatasan sosial berskala kecil (PSBK) dan berdasarkan analisis tim kesehatan Universitas Hasanuddin (Unhas) disebutkan bahwa penyebaran COVID-19 di Makassar disebabkan oleh transmisi lokal.

“Untuk itu, secara tegas dibicarakan bagaimana masyarakat di Makassar paham pentingnya physical distancing. Kami akan berkoordinasi terus dengan Kodim untuk tingkat Makassar dan Polres,” ucapnya.

Iqbal juga mengungkapkan, Pemkot Makassar menyiapkan shelter isolasi untuk mengisolasi pasien ODP dan PDP tingkat I yang tidak memiliki penyakit komplikasi. Hal ini dilakukan karena beberapa pasien yang masuk dalam kategori OPD dan PDP tidak disiplin melaksanakan isolasi diri.

“Maka kita siapkan, shelter isolasi itu di gedung Diklat Provinsi,” ungkapnya.

Tiga Kecamatan

Dari informasi yang dihimpun dari gugus tugas 19, kecamatan yang akan memberlakukan PSBK di antaranya, Kecamatan Ujung Pandang untuk wilayah Kelurahan Pisang Selatan dan Kelurahan Lajangiru.

Selain itu, juga akan diterapkan di Kecamatan Makasar, untuk Kelurahan Lariangbangi, Kecamatan Rappocini untuk Kelurahan Buakana dan Kelurahan Banta-bantaeng, dan Kecamatan Tamalate di Kelurahan Tanjung Mardeka.

Sementara untuk Kecamatan Panakkukang, Camat Panakkukang, M Thahir Rasyid memberikan klarifikasi bahwa wilayahnya tidak akan diterapkan PSBK.

“Jadi kami perlu luruskan, hingga saat ini seluruh kelurahan di wilayah Panakkukang tidak akan menerapkan PSBK. Hal ini sesuai dengan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Sulsel,” ujar Thahir, Minggu, 12 April 2020. Hanya Tiga Kecamatan di Makassar Status PSBK.(git)

Read Previous

Walikota Palopo: Ikuti Himbauan dari Pemerintah Pusat Terkait Kegiatan Amaliyah Ramadan

Read Next

Tradisi Hari Libur, Kali Ini Basmin Kunjungi Posko-posko Penanganan Covid-19 Luwu

ADS AUTO

One Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *